FIFA RESMI BATALKAN INDONESIA SEBAGAI HOST PIALA DUNIA U-20

SIARINDOMEDIA.COM – FIFA secara resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal tersebut telah dirilis di kanal resmi FIFA hari Rabu (29/3/2023).

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” tulis FIFA dalam portal resminya.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir,” imbuh FIFA.

“Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” pungkas federasi sepak bola dunia tersebut.


Keputusan FIFA ini menjadi akhir dari polemik panjang terkait keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Seperti apa yang telah diingatkan oleh Kesit Budi Handoyo salah satu pengamat sepak bola sebelumnya, bahwa FIFA adalah organisasi yang tertib berorganisasi, sehingga ketika mengeluarkan keputusan pasti sudah dihitung secara cermat baik buruknya. Dan malam ini, Indonesia telah secara nyata merasakan langsung ketegasan FIFA tersebut.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *