KOMUNITAS SUPORTER SEPAK BOLA INDONESIA DUKUNG PENUH PENYELENGGARAAN PIALA DUNIA U-20 2023 DI TANAH AIR

SIARINDOMEDIA.COM – Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) menggelar diskusi antar supporter yang bertajuk Suara Suporter ‘Satu Suara, Suara Garuda’ di Pulau Dua Senayan, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut mengundang seluruh suporter Timnas Indonesia khususnya wilayah Jakarta untuk membahas Piala Dunia U-20 2023.

Audiens yang terlibat dalam agenda ini adalah sejumlah perwakilan dari komunitas supporter, seperti La Grande Indonesia, Ultras Garuda Indonesia, Garis Keras Garuda, FAPSI, dan The Jakmania. Kegiatan ini adalah sebagai wujud dukungan terhadap Piala Dunia U-20 2023 yang akan dihelat bulan Mei mendatang.

Di sisi lain, diskusi ini diisi langsung oleh Dewan Pengarah PN-SSI Tauhid Indrasjarief, Ketua Umum Forum Akademisi Peduli Sepak Bola Indonesia (FAPSI) Dr. Amsori dan Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali. Sementara Budiman Dalimunthe selaku Head of Department of Supporter Development & Fan Engagement (DSDFE) PSSI bertugas sebagai moderator.

“Suporter adalah garis terdepan yang mendukung klub ataupun tim yang bermain. Selama ini, kita lihat suporter begitu ekspresif dalam menunjukkan dukungan,” ujar Tauhid, Dewan Pengarah PN-SSI.

Lebih jauh lagi, ada 5 rekomendasi dari hasil agenda diskusi tersebut.

Pertama, Suara Suporter memberikan dukungan secara total untuk Timnas Indonesia U-20 bertanding di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Link Banner

Kedua, perlu diadakan pertemuan lanjutan antara Komunitas Suporter dengan LOC Piala Dunia U-20 2023 dan institusi yang terlibat dalam pelaksanaannya untuk membahas kreativitas supporter di tribun atau stadion dalam mendukung Piala Dunia U-20 2023 di masing-masing kota penyelenggara.

Ketiga, secepatnya dibuat dan diterbitkan regulasi terkait suporter dan turunan implementasinya seperti manual dan guideline Suporter oleh PSSI, agar bisa menjadi acuan dan referensi bagi organisasi dan komunitas suporter, serta pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

Keempat, meminta PSSI agar menyiapkan secara serius pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 untuk mencapai tri sukses, yakni: Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi.

Kelima, Negara harus hadir untuk memastikan bahwa Piala Dunia U-20 2023 tetap terselenggara di Indonesia.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *