PERKUAT EKOSISTEM EKONOMI KREATIF, MCC GELAR TALKSHOW BERSAMA KEMENDAG DAN KEK

SIARINDOMEDIA.COM – Malang Creative Center (MCC), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Malang dan Komite Ekonomi Kreatif berkolaborasi dalam acara talkshow dengan tema “MCC Sebagai Kekuatan Baru Ekosistem Ekonomi Kreatif di Indonesia” di lantai 2 Gedung MCC, Kamis (9/3/2023).

Acara ini diisi oleh tiga pembicara, yakni Wakil Menteri Kementerian Perdagangan Jerry Sambuaga, Walikota Malang, Sutiaji dan Wakil Ketua Komite Ekonomi Kreatif (KEK), Vicky Arief Herinadharma.

Selain itu, acara talkshow ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari pelaku ekonomi kreatif, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta start-up ekosistem yang terbentuk di MCC.

Wawasan baru mengenai kondisi dan prospek ekonomi kreatif di Indonesia dibahas dalam talkshow yang digelar di lantai 2 MCC tersebut.

Setelah sebelumnya melakukan building tour MCC, dalam Talkshow ini Jerry menekankan bahwa pada tahun 2023, Kementerian Perdagangan akan lebih fokus pada produk kreatif, terutama kriya, komik, game dan animasi.

Dia mencontohkan potensi industri game online sebagai penggerak ekonomi. Industri game di Kota Malang, menurutnya, memiliki potensi mencapai jutaan dolar Amerika Serikat.

Link Banner
Wamen Kemendag
TALKSHOW. Wakil Menteri Kementerian Perdagangan, Jerry Sambuaga saat menyampaikan materinya dalam talkshow di gedung Malang Creative Center. Foto: Ist/Hangestiya

Sementara Wali Kota Malang, Sutiaji, menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang melalui Malang Creative Center. Pusat kreatif ini diharapkan dapat menjadi katalisator untuk perkembangan ekonomi kreatif dan menciptakan generasi yang tidak hanya menjadi penerima, tetapi juga kontributor bagi kemajuan bangsa.

Selain itu, Wakil dari Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang, Vicky, menekankan pentingnya MCC dalam mendukung Industri Kreatif Kota Malang. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi solusi atas berbagai kesenjangan melalui forum lintas komunitas yang saling berkolaborasi untuk memberdayakan satu sama lain.

Acara talkshow yang berlangsung sangat bermanfaat ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan semangat baru bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk tumbuh lebih baik di masa depan.

Malang Creative Center terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia dan menjadi kekuatan baru dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *