GENAP BERUSIA 5 TAHUN, KOMUNITAS JUMBER IX GELAR AGENDA BAGI-BAGI SEMBAKO DAN MAKAN GRATIS

SIARINDOMEDIA.COM – Tanggal 3 Maret 2023, Komunitas Jumat Berkah (Jumber) IX memasuki usia ke-5. Untuk memperingati hari lahirnya, Jumber IX menggelar agenda bagi-bagi sembako dan makanan gratis.

Komunitas yang memiliki tagline ‘Ibadah, Shodaqoh dan Silaturahmi’ ini berdiri sejak 3 Maret 2018. Jumber IX lahir dari keistiqomahan keluarga besar Budi Ariyanto dalam berbagi 100 bungkus nasi setiap hari Jumat.Anniversary 5 tahun Jumber IX

Dari keistiqomahan tersebut, para tetangga berminat untuk bergabung dan terlibat dalam niat baik tersebut. Akhirnya, berkembanglah komunitas ini menjadi antar RT, RW hingga antar kelurahan. Sampai sekarang, komunitas yang memiliki warna logo oranye tersebut beranggotakan 110 orang.

“Awalnya kita hanya berbagi nasi bungkus. Akhirnya berkembang bagi-bagi beras, sembako, peduli pedagang cilik (PCC). Ada juga di panti asuhan, kita dua bulan sekali di sana,” jelas Indrawati Ariningsih, ketua harian Komunitas Jumber IX.

“Jika ada bencana alam, kita langsung terjun. Dan apa yang dibutuhkan daerah tersebut, kita selalu memenuhi,” lanjut adik dari Budi Ariyanto tersebut.

Lebih jauh lagi, komunitas yang memiliki 3 chef pribadi tersebut, anggotanya memiliki usia paling muda sekitar 30 tahun dan paling tua memiliki usia 85 tahun.

Link Banner

Karena mayoritas anggota dari Jumber IX adalah ibu rumah tangga, maka agenda yang dilaksanakan hanya pada hari Jumat dan Minggu. Kecuali ketika ada bencana, maka semua keputusan tergantung Budi Ariyanto selaku ketua umum.

Untuk konsep penggalian dana, Budi dkk menggunakan sistem Jembol (Jemput Bola), yang mana pada setiap hari Kamis ada dua anggota yang diberi tugas berkeliling dari rumah ke rumah untuk menerima shodaqah dari para warga.

“Ya namanya shadaqah kan kita harus suka rela dan tidak boleh memaksa. Ada yang 5 ribu, 10 ribu, 50 ribu. Kita tidak bisa lihat orang ngasih berapa, soalnya langsung kita masukkan kantong,” terang Indra.

Bersama Budi Ariyanto
‘IBADAH, SHODAQOH DAN SILATURAHMI’. Reporter siarindomedia.com bersama Budi Ariyanto, Ketua Umum sekaligus pendiri Jumber IX. Foto: Ist/Indrawati Ariningsih

“Bismillah kita tulus niat sedekah. Jadi dapat berapa pun, itu yang kita belanjakan untuk Jumat berkah,” lanjutnya.

Link Banner

Ada beberapa agenda yang digelar dalam ulang tahun ke-5 komunitas ini. Pertama, agenda berbagi makan gratis nasi kuning pada hari Jumat 3 Maret 2023 di depan Richeese Factory, Jl. Besar Ijen No. 77A, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang.

Agenda kedua digelar di Pantai Bajulmati pada hari Minggu 5 Maret 2023. Di sana, para anggota Jumber IX akan berbagi sembako kepada warga sekitar serta edukasi perihal penyu.

“Insyaallah nanti (tanggal 5 Maret) antara ke Batu Bengkung kalo ndak ke Bajul Mati. Masih dua pilihan dan masih dihubungi,” papar wanita yang akrab disapa Indra tersebut.

“Kalau di Batu Bengkung, kita momennya cuma berbagi dan rekreasi. Kalau di Bajul Mati, kita momennya berbagi sama edukasi masalah penyu. Kita ngambil yang mana belum tau. Tapi kemungkinan kita ambil yang di Bajul Mati,” lanjut Indra.

Indra, selaku ketua harian Jumber IX, tidak berharap banyak kepada komunitasnya. Bagi dia yang terpenting adalah keistiqomahan bersedakah adalah segalanya.

“Intinya sedekah, sedekah, sedekah, Mas” tegas Indra.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *