PERCEPAT KEMANDIRIAN, MENAKER UNDANG 500 BLK KOMUNITAS SE-JAWA

SIARINDOMEDIA.COM – Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia mengundang 500 BLK Komunitas se-Jawa pada acara koordinasi percepatan kemandirian BLK Komunitas di Hotel MG Sutos Semarang. Kegiatan berlangsung selama empat hari sejak hari Selasa hingga Jumat (6-9 Februari 2024).

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia Dr. Hj. Ida Fauziyah M.Si mengatakan dalam sambutannya, BLK Komunitas saat ini harus menguatkan SDM masyarakat Indonesia yang unggul guna menyongsong bonus demografi untuk Indonesia Emas tahun 2045.

Hal ini harus di usung oleh berbagai pihak dalam elemen masyarakat terutama di kalangan pondok pesantren melalui BLKK yang telah dibangun oleh Kementrian tenaga kerja mulai tahun 2017 lalu.

“Pada saat ini sudah ada 3.757 BLK Komunitas yang tersebar diseluruh Indonesia. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk memajukan SDM yang siap untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti,” katanya.

Menaker Ida Fauziyah
CIPTAKAN SDM UNGGUL. Menaker Ida Fauziyah bersama peserta BLK Komunitas. Foto: Lu’lu’il Maknun

Menaker Ida juga menyampaikan rumusan empat pilar menuju Indonesia emas tahun 2045,

“Yaitu membangun SDM dengan IPTEK, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan dan Pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintah,” terangnya.

Link Banner

Setiap BLK Komunitas yang hadir pada saat ini, lanjutnya, harus benar-benar serius untuk ikut serta menyiapkan hal tersebut.

Peserta BLK Komunitas se-Jawa
BANGUN KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN. Peserta BLK Komunitas se-Jawa yang diinisiasi Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Republik Indonesia. Foto: Lu’lu’il Maknun

Dalam hal ini kemandirian BLK Komunitas menjadi hal yang harus dilakukan dengan cepat, supaya SDM yang dibentuk nanti akan menjadi sosok-sosok yang bisa memajukan Indonesia dalam bonus demografi di Indonesia Emas tahun 2045.

“Kemenaker ikut serta dalam membangun SDM dengan berbagai keahlian baik soft skill atau hard skill salah satunya melalui BLK Komunitas yang dibangun di Pesantren-Pesantren seluruh Indonesia,” tutup Ida Fauziyah.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *