4 CERDAS KEUANGAN SEJAK MUDA ALA DWI WULANDARI

SIARINDOMEDIA.COM – Perencanaan keuangan dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidup seperti menyiapkan dana pendidikan anak, menyiapkan dana hari tua, menyiapkan dana untuk beribadah haji, dan lain sebagainya.

Dr. Dwi Wulandari, SE, MM, CFP menjadi pemateri dalam acara yang diadakan Perum Pegadaian dengan mengangkat tema ‘Rahasia Investasi Sejak Dini, Raih Sukses Kemudian Hari’ pada Senin (17/3/2023).

Menurutnya godaan dan jebakan finansial yang tinggi hingga gaya hidup modern yang terus bertransformasi menjadikan perencanaan keuangan sangat penting.

Sebagai Financial Expert, Dr. Dwi menjelaskan setidaknya ada 4 cerdas keuangan yang harus diketahui sejak muda.

Pertama, cerdas menghasilkan uang

Sebagai manusia memang sudah naluriahnya untuk mengonsumsi barang sebagai kebutuhan. Meski demikian, manusia juga harus mampu menghasilkan uang agar tidak bergantung atau menjadi beban orang lain dan menjadi lebih tenang.

Link Banner

Kedua, cerdas mengalokasikan uang

Dr. Dwi Wulandari juga membagikan tips bagaimana cara mengatur uang dengan baik.

“Setelah mendapatkan penghasilan kamu bisa membagi pengeluaran bulanan menjadi 5 poin,” ungkap doktor lulusan The University of Queensland Australia itu.

“Pengeluaran sosial (minimal 2,5%), menabung dan berinvestasi (minimal 10%), cicilan hutang (maksimal 30%), kebutuhan rutin (maksimal 60%), pengeluaran lifestyle (maksimal 20%),” tambahnya.

Link Banner

Ketiga, cerdas melindungi uang sekaligus yang keempat ialah cerdas mengembangkan uang

Menurutnya melindungi uang bukan sekedar melindungi dari maling tetapi lebih dari itu.

Melindungi uang yang dimaksud yaitu melindungi dari inflasi dalam setiap tahunnya.

“Nilai uang tahun ini tidak sama nilainya dengan nilai tahun depan. Akan berkurang setiap tahunnya,” terangnya.

“Caranya melindungi uangnya gimana? Ya dengan investasi. Berinvestasi tidak hanya melindungi uang tetapi juga bisa mengembangkan uang,” paparnya.Financial Freedom

Dr. Dwi juga menyinggung prinsip dasar dalam investasi yaitu semakin besar pertumbuhan investasi, maka semakin beresiko. Selain itu juga tidak menempatkan uang hanya di satu jenis instrumen investasi saja.

Adapun produk-produk investasi bahkan saat ini mudah diakses secara digital diantaranya tabungan emas, saham, obligasi, dan reksadana, dan lain sebagainya.

“Dengan perencanaan keuangan yang baik, maka seseorang akan bisa mencapai financial freedom,” tegasnya.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *