DAMPAK STUNTING PADA PERKEMBANGAN ANAK, SIMAK PENJELASAN DOKTER SPESIALIS ANAK RS HERMINA MALANG

SIARINDOMEDIA.COM – Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan Menteri Kesehatan.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai ( stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak mampu).

Gizi buruk terjadi saat bayi dalam kandungan dan pada tahap awal masa kanak-kanak. Stunting sering kali muncul setelah usia dua tahun, ditandai dengan :

Link Banner
  • Gangguan pertumbuhan dan perkembangan.
  • 1000 hari pertama kehidupan anak.
  • Konsekuensi jangka Panjang

Mengapa intervensi & pencegahan stunting diperlukan?

Permasalahan stunting sebenarnya bukan dampak pada tinggi badan, melainkan pada perkembangan otak anak. Otak sistem paling sensitif dan terkena dampak kondisi malnutrisi. Anak-anak yang mengalami stunting rentan terhadap keterlambatan perkembangan jangka panjang kualitas hidup.

Kapan harus konsultasi ke dokter

Pastikan untuk rutin mengukur berat badan, tinggi badan, dan indeks massa tubuh anak, sahabat Hermina bisa juga mengkonsultasikan ke deokter spesialias anak konsultan tumbuh kembang anak yang ada di RS Hermina Malang. Dokter akan melakukan skrining pertumbuhan anak untuk mengetahui hasilnya apakah tertinggal dibandingkan anak seusianya.

Pengobatan Stunting

Pengobatan stunting dapat disesuaikan dengan mengetahui penyebabnya, seperti memperbaiki asupan nutrisi, memberikan suplemen, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat

Cara mengatasi stunting pada anak yang juga sangat penting adalah dengan selalu memantau tumbuh kembang anak melalui Klinik Tumbuh Kembang.

Sarana bermain di RS Hermina Malang
TERAPI UNTUK ANAK. Sarana bermain yang tersedia di RS Hermina Malang. Foto: Ist/RS Hermina

RS Hermina Malang memiliki Klinik Tumbuh Kembang Anak dengan pelayanan yang lengkap dalam penanganan seputar perkembangan dan pertumbuhan anak, diantaranya :

Fisioterapi KTK : Pelayanan terapi untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar (angkat kepala, tengkurap, duduk, berdiri & berjalan)

Sensori Integrasi : Pelayanan terapi untuk meningkatkan pelatihan, konsentrasi dan perilaku yang sesuai dengan lingkungan.

Terapi Wicara : Pelayanan terapi untuk meningkatkan kemampuan bahasa, bicara, feeding problem dan intervensi pada gangguan pendengaran.

Okupasi Terapi : Pelayanan terapi untuk meningkatkan Kemampuan fungsi tangan untuk aktifitas sehari hari.

Orang tua sigap dalam upaya pencegahan hingga pengobatan stunting pada anak. Hal tersebut dapat dikonsultasikan ke dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang anak di RS Hermina Malang, jika alami tinggi badannya tampak lebih pendek daripada anak seusianya. Bagi anak di bawah 2 tahun, pemeriksaan harus dilakukan 1-2 bulan sekali. Sementara anak di atas 2 tahun, pemeriksaan bisa dilakukan 1 tahun sekali.

Sehat Bersama RS Hermina Malang.

#sehatbersamahermina

#herminamalang

#rsherminamalang

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *