DEPUTI BIDANG EKONOMI DIGITAL DAN PRODUK KREATIF KEMENPAREKRAF RI APRESIASI EVENT GGJ MALANG 2024

SIARINDOMEDIA.COM – Global Game Jam Malang 2024 (GGJ Malang 2024) sukses merampungkan acaranya dengan gemilang. Hal tersebut menandai akhir dari tiga hari penuh kolaborasi dan kreasi intensif dalam pembuatan gim dengan waktu 45 jam.

Acara yang diadakan di gedung Malang Creative Center (MCC) dari 26 Januari 2024 hingga 28 Januari 2024 ini, menyatukanpuluhan pengembang gim, desainer dan pecinta gim dari berbagai tingkatan keahlian.

Kesuksesan tersebut mendapat apresiasi langsung dari Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Neil El Himam.

Link Banner

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemenparekraf/Baparekraf memberikan dukungan penuh dan apresiasi atas pelaksanaan Global Game Jam. Kegiatan ini menjadi upaya untuk terus menumbuhkan ekosistem subsektor gim di Indonesia,” kata Himam dalam sambutannya, Minggu (28/1/2024).

“Tidak lupa juga harapan kita bersama agar Perpres mengenai Pengembangan Industri Gim dapat segera disahkan oleh Presiden, sehingga gim Indonesia dapat menjadi pemenang di rumah sendiri,” imbuhnya.

DUKUNGAN PENUH. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Neil El Himam. Foto: Ist

Senada dengan Himam, Ketua umum Komunitas Game Developer Malang (GDM), Adib Toriq merasa bangga atas kesuksesan terselenggaranya GGJ Malang 2024.

“Semangat dan antusiasme peserta Global Game Jam Malang 2024 luar biasa. Tercatat ada 90 pendaftar dan 84 partisipan hadir secara langsung,” ujar Adib.

“Ini menciptakan rekor baru dan bukti bahwa semakin banyak orang di Kota Malang yang tertarik menjadi Game Developer dan bukti bahwa Malang memiliki potensi sebagai kota pengembangan gim di Indonesia” tambahnya.

Lebih lanjut, GGJ Malang 2024 menyuguhkan pengalaman yang luar biasa bagi 94 peserta yang terbentuk ke dalam 14 tim kreatif yang mengangkat tema “Make Me Laugh”.

Para peserta berhasil membuat para hadirin dalam event ini tergelak tawa dengan hasil game yang sudah dibuat peserta. Untuk mengapresiasi setiap aspek kreatif yang dihasilkan, panitia memberikan kategori penghargaan berhadiah berupa steam key yang bisa diklaim secara gratis.

Penghargaan tersebut meliputi; Game Terfavorit, Ide Terlucu, Art Terimut, Sound Terlucu, Kelompok Teraktif dan Peserta Paling Medsos.

Dengan adanya penghargaan dalam kategori tersebut, menambahkan elemen kegembiraan dan motivasi ekstra bagi peserta. Namun tidak hanya sebatas tim yang masuk dalam kategori di atas saja yang mendapat hadiah, melainkan seluruh tim yang berpartisipasi dalam GGJ Malang tahun ini.

Toge Production berjudul “Circus Politicus” yang mana menunjukkan apresiasi terhadap dedikasi dan kreativitas semua peserta yang berkontribusi dalam acara ini.

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *