CARA BUNGA RAFFLESIA ARNOLDI BERTAHAN HIDUP

SIARINDOMEDIA.COM – Salah satu fakta unik Rafflesia arnoldii yaitu tidak memiliki akar, batang, dan daun. Lantas bagaimana cara bunga endemik ini memperoleh nutrisi untuk bertahan hidup? Simak penjelasannya berikut!

Disamping kuncup atau bunga, Rafflesia hanya dilengkapi haustorium, jaringan yang mempunyai fungsi mirip akar yang menghisap sari makanan hasil fotosintesis dari tumbuhan inang.

Rafflesia dimasukkan dalam kelompok holoparasit, tumbuhan yang tidak bisa melakukan proses fotosintesis sendiri, seperti layaknya tumbuhan berbunga lainnya, dan sangat tergantung kepada inang.

Rafflesia hidup sebagai parasit yaitu dengan menempel pada akar atau batang tumbuhan inangnya.

Rafflesia tidak memiliki batang dan daun, karena tidak memerlukannya.

Rafflesia membutuhkan inang supaya bisa hidup di suatu tempat.

Link Banner

Inang yang dibutuhkan adalah inang yang tahan diparasiti dan tidak mudah stres, cuaca yang bersahabat, jumlah populasi bunga jantan dan betina yang banyak, dan aman dari gangguan binatang pemangsa.

Tumbuhan inang Rafflesia sangat spesifik yaitu pada marga Tetrastigma. Walaupun begitu tidak semua jenis Tetrastigma menjadi inang Rafflesia, dan hanya jenis-jenis tertentu dalam marga ini yang menjadi inang Rafflesia.

Berikut beberapa jenis Rafflesia dan inangnya:Jenis Rafflesia

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. walaupun Rafflesia tidak memiliki batang dan daun, cara tumbuhan tersebut bertahan hidup sangat unik karena bergantung pada inang lain. artikel ini memberitahu kita pandangan lain terhadap tumbuhan Rafflesia yang biasanya tekenal dengan tumbuhan yang mengerikan