SEJARAH PILATES, HOBI YANG SANGAT POPULER DI KALANGAN SELEBRITI

SIARINDOMEDIA.COM – Pilates telah menjadi hobi populer di kalangan selebriti seperti Najwa Sihab, BCL (Bunga Citra Lestari), Natasha Wilona, hingga Laura Basuki, dan masih banyak lagi.

Pilates sendiri adalah salah satu metode kebugaran yang populer di seluruh dunia. Metode ini dikenal karena kemampuannya meningkatkan kekuatan inti, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Pilates diciptakan Joseph Hubertus Pilates, yang lahir di Jerman pada tahun 1883. Sejak kecil, Joseph menghadapi berbagai masalah kesehatan seperti asma, rakhitis, dan demam rematik.

Karena kondisi kesehatannya ini, Joseph memutuskan untuk mempelajari berbagai bentuk latihan fisik, termasuk yoga, seni bela diri, dan senam.

Link Banner

Selama Perang Dunia I, Joseph Pilates ditahan di kamp interniran Inggris, di mana Dia mulai mengembangkan serangkaian latihan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran sesama tahanan.

Joseph juga menggunakan tempat tidur dan pegas sebagai alat bantu untuk latihan kelenturan tubuh, yang menjadi cikal bakal peralatan Pilates modern seperti Reformer dan Cadillac.

Pada tahun 1926, Joseph Pilates pindah ke Amerika Serikat bersama istrinya, Clara. Mereka membuka studio pertama Pilates di New York City, yang berlokasi di dekat studio tari terkenal.

Metode Pilates ini segera menarik perhatian para penari, termasuk Martha Graham dan George Balanchine, yang mengakui manfaat Pilates dalam rehabilitasi cedera dan peningkatan performa tari.

Joseph Pilates menamakan metodenya Contrology, menekankan pentingnya penggunaan pikiran untuk mengontrol otot-otot tubuh.

Dia bahkan menulis beberapa buku, termasuk Your Health (1934) dan Return to Life Through Contrology (1945), yang mendokumentasikan prinsip-prinsip dan latihan yang dikembangkannya.

Setelah kematian Joseph Pilates pada tahun 1967, Clara dan murid-murid terdekatnya melanjutkan warisan Pilates.

Joseph Hubertus Pilates
DIDUKUNG PENELITIAN ILMIAH. Joseph Hubertus Pilates tengah memberi tutorial cara mengontrol otot-otot tubuh melalui kekuatan pikiran. Foto: X.com

Beberapa muridnya, seperti Romana Kryzanowska, Kathy Grant, dan Lolita San Miguel, memainkan peran penting dalam menyebarluaskan metode ini ke seluruh dunia.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Pilates mengalami peningkatan popularitas yang signifikan, sebagian besar berkat selebriti dan atlet yang mempromosikan manfaatnya.

Pada saat yang sama, penelitian ilmiah mulai mendukung klaim kesehatan yang terkait dengan Pilates, termasuk peningkatan postur tubuh, pengurangan nyeri punggung, dan rehabilitasi cedera.

Saat ini, Pilates telah berevolusi dengan berbagai variasi dan adaptasi yang muncul, seperti Pilates mat (latihan di atas matras) dan Pilates dengan peralatan khusus menggunakan Reformer dan Cadillac.

Metode Pilates ini tidak hanya digunakan untuk rehabilitasi dan kebugaran, tetapi juga diterapkan dalam berbagai bidang seperti olahraga, terapi fisik, dan kesehatan mental.

Berbagai studi kontemporer terus menyoroti manfaat Pilates, memperkuat reputasinya sebagai salah satu metode kebugaran yang komprehensif dan tetap relevan dan populer tak hanya di kalangan selebriti, tetapi juga di berbagai kelompok usia sejak 1926 hingga sekarang.

Follow Berita & Artikel Siarindo Media di Google News

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *