DI TENGAH NAIKNYA HARGA SEMBAKO DI BULAN RAMADHAN, PASAR BLIMBING TETAP RAMAI

SIARINDOMEDIA.COM – Meski baru memasuki pekan pertama bulan Ramadhan harga beberapa komoditi rata-rata sudah mengalami kenaikan, Pasar Blimbing Malang malah terlihat ramai, terutama di sore hari.

Seperti hari ini, Sabtu (25/3/2023), sejumlah pengunjung tampak datang silih berganti ke Pasar Blimbing. Padahal beberapa bahan pokok dan komoditi terus merangkak naik.

Mulai dari sayur mayur, seperti bayam, kangkung, kacang panjang yang biasa terjual Rp1000 kini naik menjadi Rp3000 per ikat nya.

Tidak hanya sayur, sembako, ayam, buah-buahan juga mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi.

Beras yang awalnya dari harga Rp62000 kini menjadi Rp66000 per 5kg nya. Begitu pula dengan harga ayam yang mengalami lonjakan hingga Rp10.000, dari Rp24.000/kg naik menjadi Rp34.000/kg di bulan Ramadhan.

Lapak ayam potong di Pasar Blimbing
NAIK TERUS. Ayam potong termasuk komoditi yang kenaikan harganya cukup drastis. Foto: Nabila Zulfa

Seorang pedagang menjelaskan bahwa kenaikan harga ini sudah dimulai dari awal bulan puasa. Namun, dia menambahkan, hal ini sudah biasa terjadi. Harga baru akan berangsur-angsur normal menjelang malam takbiran dan sesudahnya.

Link Banner

Meski demikian, salah seorang pedagang sembako mengatakan apabila kenaikannya tidak signifikan, umumnya harga akan segera berangsur normal kembali.

Tapi tetap saja hal ini berpengaruh terhadap konsumen. Sebagian pembeli, yang umumnya kaum ibu-ibu, mengeluhkan naiknya harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan.

“Biasanya belanja 50ribu dapat banyak, sekarang cuma sedikit, mbak,” ujar Diah, seorang pembeli kebutuhan bahan pokok di Pasar Blimbing.

Beli sembako
TAK CUKUP. Seorang pembeli mengaku harus mengalokasikan uang belanjaan lebih besar di bulan Ramadhan. Foto: Nabila Zulfa

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *